Change Font with Manual Copy


Wah, sepertinya saya sudah lama tidak posting. Banyak janji-janji yang saya buat, tapi belum terpenuhi semua. Karena belakangan ini saya sedang banyak masalah, jadi saya tidak mempunya mood yang bagus untuk menulis. Tapi saya sadar kalau saya harus bangkit dari keterpurukan ini. Oke, kali ini saya mau berbagi bagaimana cara mengganti Font di Symbian Belle tanpa aplikasi seperti Font Zoomer. Sebenarnya tutorial ini sedikit rumit, tapi kalau anda paham dari maksud yang ada, ini akan menjadi mudah. Mari langsung saja kita ke tutorial nya.

Tutorial :

  1. Pertama sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan,
  2. Selanjutnya pastikan ponsel anda sudah dalam keadaan Hack.
  3. Kemudian Backup file yang ada di folder dengan directory C:\private\10003a16\lfonts. Ingat, harus di copy dan disimpan di tempat yang aman, kalau anda tidak mau terjadi sesuatu hal yang buruk pada ponsel anda.
  4. Masuk ke aplikasi X-Plore, kemudian masuk ke directory C:\private\10003a16\lfonts. Edit LTT file menggunakan Hex Editor yang sudah di sediakan X-Plore. Ingat, hanya file LTT saja yang di edit. Ganti semua tulisan dengan nilai “Z:\resource\fonts” menjadi “C:\resource\fonts”. Ingat, jika ada tulisan “Z:\resource\fonts” ganti dengan “C:\resource\fonts”.
  5. Selanjutnya copy file font yang ada di Z:\resource\fonts ke C:\resource\fonts.
  6. Terakhir copy font Pure Harmattan Belle yang sudah anda download tadi ke C:\resource\fonts. Copy ke enam file ini, nosnr60.ttf, nssb60.ttf, nstsb60.ttf, S60SC_C.ttf, S60TCHK_C.ttf.
  7. Sekarang reboot ponsel anda, dan nikmati font baru mu. Ingat, jika anda ingin menggantikannya dengan font lain, font tersebut harus ada enam, seperti diatas.

Terima kasih telah berkunjung di Kukuh Website

About Kukuh7

Saya orangnya simple dan pengertian. Harapan saya, dengan adanya blog ini saya bisa berbagi apa yang telah saya pelajari selama ini. Namun saya mohon maaf apabila yang saya sampaikan salah. Karena sesungguhnya manusia tidak luput dari namanya kesalahan.

Posted on 1 November 2012, in Modding, Tips & Tricks and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 41 Komentar.

  1. gw ambil font.a kang..d.belle refresh font yg d.z/resource udh nambah jd 10 kang..
    apa font yg di z/resource tu bisa di hapus? biar gk kbnykn ngopy.a gtu????

  2. gan kalau slain font pure harmattam ini ada gak yg gak crash,
    soal nya dah nyoba ganti font slalu crash dan hp ny blank.

    • intinya font nya hrus sperti font harmattan itu,,
      kalau agan hnya punya satu font saja, ganda kan file tersebut menjadi 5, dan rename nama nya menjadi sama seperti yg ada di font harmattan. cara ini berhasil di coba di s60v5, mngkin di belle bisa berhasil. tidak ada salah nya di coba.

  3. hati2 mas sama drive Z smua file defaulnya read only,,jngan hpus di Z nya hapus setelah di copy ke C aja biar aman..
    numpang coment mas kukuh

  4. tutorial gebleg hape jadi gamau idup

  5. kok jadi gebleg, saya aja sukses ganti font, gan saya mau nanya nih , setelah saya install josh log pathc saya gk bisa nyambung ke internet padahal keadaan stabil. gak tau nih gan yg eror apanya gk bisa nyambung ke internet , pas saya instal joshlog patcht semua nya sukses indikator bterai sampai loading stater, tpi maskah hanya hp gk nyambung ke internet saja

  6. nokia belle gak sah pusing..
    Pake font zoomer aja dah bisa ganti font..

  7. gan, cara balikin ke normal lg gmana? kok gk bisa dihapus yg di C:/resource/fonts

  8. hpku 603 ,, file di z,resource,fonts banyak,, n setelah ku coba fontnya cuma ke lihatan bawahnya,, gmana ni solusinya,, pake font zoomer malah restart,,

  9. udah ikuti tutorial sampai akhir,, tpi tetep sama,, ada cara yang lebih simple gak??

  10. kalau musti flasing gak punya pc,,

  11. masih penasaran dg cra mengubah font di belle,, walaupun gagal ber kali kali,, hhe,,
    misalnya di taruh di e:\ bisa gak karna c tinggal dikit,,

  12. di coba aja gan,,,tpi semua settingan C di ganti E,,

  13. belum berhasil gan,, pakai font di atas malah gagal booting,
    pengen ganti font melody, tapi selalu terlalu ke atas tulisannya,, jdi bingung,,

  14. di e bisa gan pake font melody tapi kurang teratur hurufnya,, maksudnya gagal booting pas di pasang font Pure Harmattan di atas,,

  15. klo pakai font yang lain biasa nya crash atau bsa ngehank di hp tu gmna solusi nya agan kukuh?

  16. Bisa dijelasin cara edit LTT file menggunakan Hex Editor?

    • tinggal buka saja, file LTT menggunakan hex editor, kemudian cari tulisan Z/resource/fonts, kemudian ganti tinggal ganti saja Z dengan C.

      • Seperti ini: file LTT -> Menu -> File -> Edit -> Menu -> Insert mode -> Menu -> Find chars -> Ketik: Z:/resource/fonts -> ubah Z menjadi C -> back -> Save changes -> Yes.

        Cuma saat mengganti Z menjadi C di tampilan editor hanya mucul tanda 2 bintang (**), bukan tulisan Z:/resource/fonts, Itulah kesulitannya, kadang tidak tahu di mana tepatnya menuliskan huruf C.

  17. kan ntar ada blok kotak nya. jdi arahkan kotak nya ke huruf yg mau di ganti,,

  18. aku udah nerhasil gan, tpi knapa gak bisa buka aplikasi bawaan hp ya,mohon solusinya,

  19. trik itu dah lama aq pake di n8 refresh dan berhasil, menurut gw ni yg paling simple dan gampang,ga memakan memori c,karna font dsave di e,
    v ma y adjus seimbang ga perlu d rubah
    dan yg pasti ga crasht n kompatible buat belle refresh

      • dengan fontzoomer,,, hmm,,, sama sekali gak dianjurkan,,,
        1. Pasti hasilnya gak karuan
        2. Coba deh pake font dr masta ihint yang 10mb lebih itu, trus pasang dengan fontzoomer, trus buka opmin,, hasilnya ”kalkulasi font” trus ngerestar deh hp…

        Pake cara diatas,,, makan space drive C banyak,,, tapi bisa diakalin dengan font ditaro ke drive E.
        Tapi kekurangan, hmm,,, sebagian aplikasi tidak dapat dibuka, gak tau kenapa.. Lalu operamini juga fontnnya tetap sama,,,

        Test by me,, nokia 603 fp1..

        Dengan metode flashing,,,
        Yang ini belom pernah nyoba..
        Bnyak yang bilang cara ini work banget,,

        Hanya berbagi info sesuai pengalaman gan,
        Beda hp beda kualitas, meskipun merk dan tipe sama…
        Dihp ini berhasil dihp laen mungkin ada yang gagal…
        Jika menemukan kegagalan, bukan salah yang post,,,
        Mungkin anda yang salah dalam melakukan modding ini,,, atau hp anda tidak cocok.,,

      • untuk change font lewat flashing, ane jamin bisa work 100%. namun tidak dapat di rubah. klu dirubah ke font lain, tidak akan work 100% lagi.

  20. misi agan2 mau tanya,,
    kok ane kalo pake tutor d atas kok hp sya (c7) semua font nya hilang, alias ga ada tlisanya.

Tinggalkan Balasan

