How to Install Nitdroid 2.3.4 on Nokia N900


Apa kaba sobat Kukuh Website ? oke, bagi para pengguna Nokia N900 a.k.a. Rover bersenanglah, pasalnya kali ini saya mau berbagi trik bagaimana cara menginstall Android di N900 atau kebanyakan para user N900 menyebutnya NITDroid. Oke, saya akan menjelaskan sedikit mengenai Nitdroid. Nitdroid ini memang benar-benar nyata OS Android, jadi bukan emulator atau sebagainya. Jadi anda bisa menjalanakan semua aplikasi yang tersedia untuk Android pada OS ini. Baik itu aplikasi atau pun game. Oke, tanpa banyak kata, mari saja kita mulai tutorialnya.

Tutorial :

  1. Jika anda tidak mengikuti apa yang saya posting sebelumnya, disini anda harus mempersiapkan banyak aplikasi yang di perlukan. Pertama persiapkan kebutuhan dan bahan-bahan berikut ini :
    • Pastian dulu kalau N900 anda sudah menggunakan Custom Kernel, atau biasa di sebut Kernel Power. Untuk mengeceknya, bisa mengetik script uname -r di X-Terminal. Jika belum terinstal Custom Kernel, anda bisa mengikuti tutorial ini.
    • NITDroid Installer, anda bisa mendapatkannya di AM (Application Manager) atau di FAM (Fast Application Manager)
    • Leafpad, anda bisa mendapatkannya di AM (Application Manager) atau di FAM (Fast Application Manager)
    • Filebox, anda bisa mendapatkannya di AM (Application Manager) atau di FAM (Fast Application Manager)
    • Rootsh, anda bisa mendapatkannya di AM (Application Manager) atau di FAM (Fast Application Manager)
    • Instal Katalog, anda bisa mengikuti tutorial ini.
    • N12 UMay, anda bisa mendapatkannya DISINI
    • Nitdroid Kernel 2.6.28-07 RC3, anda bisa mendapatkannya DISINI
  2. Selanjutnya, jalankan NITDroid Installer nya, fungsi dari NITDroid Installer hanya untuk menginstal multiboot, selebihnya kita memakai script melalui X-Terminal.
  3. Masuk ke X-Terminal, dan ketik script berikut,

    root
    cd /home/user/MyDocs
    bzip2 -d N12_UMay.tar.bz2
    cd /home
    mkdir /and
    cd /
    mount /home /and
    cd /and
    tar xvf /home/user/MyDocs/N12_UMay.tar
    dpkg -i /home/user/MyDocs/nitdroid-kernel-2.6.28-07_rc3_armel.deb

  4. Kalau sudah sampai disini, jangan close dulu X-Terminal nya. Lanjutkan dengan mengetik script berikut,

    leafpad /etc/multiboot.d/11*

  5. Anda akan masuk di Leafpad, kemudian cari ITEM DEVICE jad ITEM_DEVICE=mmcblk0p2, ganti dengan ITEM DEVICE jad ITEM_DEVICE=mmcblk1p2, jika anda menggunakan mmc. Kalau tidak menggunakan mmc, biarkan saja seperti semula. Kalau sudah, klik Save dan keluar dari Leafpad.
  6. Masih di X-Terminal, lanjutkan script nya, dengan mengetik,

    default.prop

    anda kan masuk di Leafpad, cari dan edit tulisan,

    persist.swap.swappiness=0

    menjadi

    persist.swap.swappiness=1

    kemudian Save dan Exit. Kemudian Close juga X-Terminalnya.

  7. Masuk di Filebox, dan masuk ke folder home/system. Cari file bernama build.prop, kemudian edit file tersebut menggunakan Leafpad. Agar anda bisa menggunakan Leafpad melalui Filebox, masuk ke settings, kemudian Text Editor nya menjadi Leafpad. Kemudian cari tulisan,

    dalvik.vm.heapsize=20m

    ganti menjadi

    dalvik.vm.heapsize=32m

    Save dan Exit.

  8. Sekarang matikan ponsel anda, dan Boot dalam keadaan keyboard terbuka, kemudian pilih Nitdroid, biasanya Nitdroid ada pada urutan nomor 3, jadi tekan nmor 3 pada Keyboard. Selamat menikmati Os Android mu.

Semoga berhasil, berkut adalah beberapa penampakan yang bisa saya ambil,

Semoga berhasil, dan terima kasih telah berkunjung di Kukuh Website

About Kukuh7

Saya orangnya simple dan pengertian. Harapan saya, dengan adanya blog ini saya bisa berbagi apa yang telah saya pelajari selama ini. Namun saya mohon maaf apabila yang saya sampaikan salah. Karena sesungguhnya manusia tidak luput dari namanya kesalahan.

Posted on 24 Oktober 2012, in Maemo OS, Nokia N900 and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 58 Komentar.

  1. gan….boleh ga ane minta link fw terbaru n900

  2. di lengkapi dengan gambar tutorial hpnya gan biar tmbah gampang gan,,,tnxs

  3. gan lgi ol ga gan,,,ane btuh bantuan sgera,,,koq
    pada step
    default.prop nya not found gan

    • klu mo obrolan dengan ane, bisa pake chat box yg ane bikin di widget blog. tiap hari ane OL. dan yg pasti tiap malem ane slalu di depan lepi. coba di ulang lagi step nya. klu gak bisa cari file nya di filebox, trus edit disana.

  4. ya,,,skrng file emmcblkp nya ga ktmu gan,,,mang harus pake kernel linux multiboot gtu

    • klu multiboot, pake nya nitdroid installer, dengan itu, multiboot lngsung ke instal.

      • masalah baru gan Pas di
        > restart muncul tulisan ini:
        >
        > Can’t flash kernel, requered files not found Guru meditation #00000025.62017712
        >
        > Hit anykey to panic >
        > tolong ya gan kalo ada yg ngerti…
        >
        > Makasih atas masukannya…
        Udh ane coba flash kernel ga mempan
        flash emmc ga mempan
        format 3 jari ga mempan
        soalnya ga konek ke pc

      • klu itu gak perlu di flash kernel, tinggal hidupkan ponsel dalam keadaan terbuka. trus pilih kernel power 52, ato OMAP.
        nah ini masalahnya, jdi harus berurutan.

      • not found devices waiting

        udh ane ikutin tutor cabut pasang usb,,,msh ga konek,,,

  5. cuma 1 pilihan
    nitdroid
    trus ane tekan p trus dia bilang cant flash kernel
    trus ane tekan s kayk command gtu gan
    jadi hp tu pas di idupin,,,,keluar tu data2 banyak amat
    trus keluar cuma 1 pilihan nitdroid
    trus ane tkan 1,,,,,rebooot lg tu hp
    tdi malam ane coba flash
    not found trus,,,waiting,,,,,trus ane tunggu
    ga juga nongol tu data2 flasnya
    trus ane cek lgi
    e taunya mslh di mmcblk0p2

  6. gan pass. bwt mf’nya apa ya ??

  7. gan,ane pake n12 tiap kali buka app di nitdroid sering hang trus reboot,solusinya gmn ya gan..?pertama dbuka sih lancar lama2 hang trus reboot gt gan,ane pk kernel yang final1..makasih

  8. gan, kLo minta tolong agan yg flashing bisa gk..? ane masih bingung nih… padhal udah nurut sama tutorial’nya agan…
    boleh datang ketempat gk? kasih alamatnya ya gan….?? makasih…

  9. gan ane abis instal nidroid kok malah hp ane g bisa baca mmc gan????

  10. gan kok pas
    root
    cd /home/user/MyDocs
    bzip2 -d N12_UMay.tar.bz2
    katanya not found padahal file UMay nya udah saya taroh di MyDocs,,, itu gimana gan ?

  11. gan ane kan udah masuk leafpad tapi leafpad nya kosong
    gimana tu gan…..

  12. pada tahap mount /home/and kok malah keluar mount: can’t find /home/and in /etc/fstab

    kenapa tuh gan kok bisa gitu ??

  13. mkdir /and
    mkdir : cannot create directory ‘/and’ : file exists
    gimana jalan keluar nya gan..

  14. gan rover ane ada tulisan nya gini “enter code for unlock sim card” solusinya gimana ? mohon pencerahan nya

  15. Ada masalah baru nih,, pas ane edit leafpad /etc/multiboot.d/11*
    ko ga ada tulisan ITEM DEVICE JAD ITEM_DEVICE=mmcblk0p2
    itu knp gan….

  16. Ada masalah baru nih,, pas ane edit leafpad /etc/multiboot.d/11*
    ko ga ada tulisan ITEM DEVICE JAD ITEM_DEVICE=mmcblk0p2
    itu knp gan….

  17. cara aktifkan internet di nidroid gmn gan????

  18. gan,kukuh….ma nanya aja nih…
    ane dah berhasil install nitdro 2.3.4….
    di layar multiboot..jadi nya ada tiga pilhan…(ane singkat aja) :
    1. maemo OMAP
    2. nitdroid
    3. maemo kernel power

    -apa emang begitu normal ?….OMAP nya masih ada…
    tapi ane belum pernah pilih no.1…
    untuk nomor 2 dan 3…normal2 aja…

    trims…

  19. gan nitdroid ane kok eror gan
    roor filesystem mmcblk1p2 not aviable !
    guru meditation #00000052 .62017712
    moihon bantuanya gan…….

  20. ngan.tu android klo dah jd bisa buat nelpon sama inrternetan ga,,,?

    makasih seblum nya…

  21. Semua tahap berjalan sukses gan,cuman kok pilhan multiboot nya ngga keluar gan ya,langsung masuk os standarnya,apa error ya soalnya beberapa kali tak install gagal trus baru berhasil tp ngga muncul multibootnya

    • untuk memunculkan multiboot, anda bisa membuka keyboard terbelih dahulu, baru mnghidupkan ponsel nya. jika dengan cara tersbut, masih masuk ke os aslinya. berarti multiboot nya blom ke install
      untuk info lebih lanjut bisa berkunjung di
      http://www.kukuh7.com

  22. he he he
    tambah rame ni blog
    gan,,,kukuh ni,,
    tapi sayang jarang update

  23. gan kukuh, ane mau nanya nih, stelah n900 instal nitdroid, terus ane booting, kan ada pilihan, ane pilih nitroid, terus keluar tlisan banyak, ko selesainya lama bener y gan,,,

  1. Ping-balik: How to Upgrade Nitdroid 2.3.7 « Kukuh Website™

Tinggalkan Balasan

