Upgrade Nokia 500 to Symbian Belle


Nokia 500 merupakan ponsel Nokia yang berbasis Symbian OS. Ketika dipasarkan, Nokia 500 sudah menggunakan Symbian Anna. Seiring berjalannya waktu, Nokia mulai merilis Symbian versi terbaru, yaitu Symbian Belle. Namun ada sesuatu yang mengganjal di Nokia 500, yaitu versi Symbian Belle yang berbeda. Jika Nokia N8, C7, E7, dan lainnya menggunakan versi 111.030.0609 untuk versi Symbian Belle terbaru, lain halnya dengan Nokia 500. Nokia 500 menggunakan versi 111.020.0059 untuk versi paling barunya.

Meski berbeda, Nokia 500 tetap akan mendapatkan upgrade yang sam, yaitu Symbian Belle. Tapi bagaimana cara upgrade ke Symbian Belle ? Saya hanya bisa bilang, ” Banyak jalan menuju Roma”. Bukan Nokia namanya jika tidak menyediakan berbagai cara untuk meng-upgrade ponsel buatannya. Anda bisa menggunakan Ovi Suite untuk melakukan upgrade secara online dengan mengambil sejumlah data yang cukup beasar kapsitasnya. Cara lain anda bisa meng-upgrade ponsel anda dengan flashing, dan pastinya secara offline.

Oke !!! Tanpa banyak bicara panjang lebar, langsung saja saya jelaskan langkah-langkahnya.

Ada 2 tahap untuk bisa meng-upgrade Nokia 500 ke Symbian Belle :

  1. Mengambil Frimware menggunakan Navifirm Plus
  2. Melakukan Flashing dengan Phoenix

1. Mengambil Frimware menggunakan Navifirm Plus

  1. Untuk dapat mendownload firmware, anda harus memiliki aplikasi Navifirm Plus. Langsung ambil disini. Download
  2. Langsung instal dan jalankan aplikasi Navifirm Plus. Masukkan Type firmware dan Type ponsel yang anda miliki.
  3. Selanjutnya, pilih versi Firmware. Untuk Nokia 500 versi Symbian Belle terbaru adalah versi 111.20.59 alias 111.020.0059.
  4. Masukkan Product Code ponsel anda pada kolom yang disediakan. Untuk mengetahuinya cek informasi ponsel anda dengan mengetik *#0000#. Lalu cari Product Code nya. Biasanya Product Code terdiri dari 7 karakter, baik angka maupun huruf.
  5. Setelah itu akan pilih firmware yang anda inginkan. Akan muncul pada kolom sebelahnya file-file yang harus di download. Anda tidak harus mendownloada semuanya, tapi hanya file yang di centang saja. Setelah itu langsung klik download dan tunggu sampai semua file berhasil di download.
  6. Setelah mendapatkan semua file nya, anda bisa lanjut ke tahap ke-2.

2. Flashing dengan nokia Phoenix Software

  1. Buat folder yang bernama RM-750. Taruh semua file di folder tersebut. Setelah itu letakkan folder tersebut di C:\Program Files (x86)\Nokia\Phoenix\Products untuk Windows 64 bit dan di C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products untuk Windows 32 bit.
  2. Untuk bisa melakukan flashing, anda harus punya Phoenix Software. Untuk mendapatkannya bisa amabil disini. Download
  3. Jalankan Phoenix Service Software. Pilih menu File dan pilih Open Product.
  4. Akan muncul kolom baru. Pada kolom tersebut, masukkan type firmware ponsel anda. Jika sudah langsung klik OK.
  5. Selanjutnya pilih Mode sambungan ” No Connection “.
  6. Pilih Menu Flashing, dan pilih “Firmware Update”.
  7. Disini akan muncul kolom baru. Pada kolom baru ini, pilih tombol yang bersimbol 3 titik.
  8. Akan muncul menu, dimana anda harus memilih firmware yang akan digunakan untuk flashing. Jangan lupa untuk mengkosongkan centangan pada kotak “Detect Product Automatically”. Setelah itu klik OK.
  9. Anda akan kembali di kolom sebelumnya. Centang “Dead Phone USB Flashing”.
  10. Selanjutnya pilih Menu “Options” yang ada di bawah. Akan muncul kolom baru, hapus file yang berwarna merah dengan memilih file tersebut lalu klik delete. Juga sudah klik OK.
  11. Terakhir klik “Refurbish”. Berdoa semoga Flashing berjalan lancar. Pada pertengahan langkah akan muncul perintah seperti berikut ini :Ikut perintah diatas sesuai urutan yang telah ditentukan.
  12. tunggu sampai proses Flashing selesai, dan ponsel akan melakukan Booting.

Dan alhasil ponsel Nokia 500 anda telah beralih ke Symbian Belle !!!

Terima kasih telah membaca
semoga berhasil dan apabila kurang paham bisa langsung komentar dibawah.
SEE YOU

About Kukuh7

Saya orangnya simple dan pengertian. Harapan saya, dengan adanya blog ini saya bisa berbagi apa yang telah saya pelajari selama ini. Namun saya mohon maaf apabila yang saya sampaikan salah. Karena sesungguhnya manusia tidak luput dari namanya kesalahan.

Posted on 11 April 2012, in Firmware, Flashing, Nokia 500 Firmware. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Nemu juga solusi. thx bro akan langsung dipraktekkan……

%d blogger menyukai ini: