Cara Memperbaiki Micro SD yang Corrupt


Oke sobat Kukuh Website, kali ini saya mau berbagi trik ampuh untuk anda pengunjung setia Kukuh Website. Pada artikel kali ini sayaingin berbagi bagaiaman cara mengatasi masalah Micro SD yang corrupted. Pasti sobat semua pernah mengalami hal micro SD yang corrupted, seperti gambar di bawah ini, setelah di format menggunakan PC, tapi masih tidak mempan. Di partisi ulang juga tidak bisa, dan mungkin anda perfikiran kalau micro SD anda sudah tidak bisa digunakan lagi alias rusak. Tapi tunggu dulu sobat, coba trik saya ini, mungkin saja micro SD sobat bisa sembuh kembali dan bisa digunakan lagi. Oke, anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahannya seperti di bawah ini :

  1. Kartu memory Micro SD
  2. PC
  3. Ponsel Blackberry tipe apa saja
  4. Aplikasi Mini Tools Partitions Disk >Download<

Langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama, sisipkan micro SD kedalam ponsel Blackberry tipe apa saja, kemudian masuk di Options > Media Card, lalu format micro SD. Tunggu sampai proses selesai dan muncul tulisan “format successfully”.
  2. Pada keadaan ini, micro SD anda sudah bisa terbaca, namun hanya bisa terbaca di ponsel saja. Agar micro SD anda bisa terbaca di PC gunakan aplikasi Mini Tools Partitions Disk yang sudah anda download tadi.
  3. Jalankan aplikasi tersebut, kemudian akan muncul 2 tempat penyimpanan, yaitu Harddisk PC dan micro SD anda. Seperti gambar dibawah ini.
  4. Hapus partisi yang ada dalam kotak, dengan cara klik partisi, kemudian delete. Setelah di delete, akan menjadi ruang kosong yang belum di partisi. Seperti di bawah ini. Selanjutnya kita partisi ulang ruang kosongnya dengan  mengklik “Create”.
  5. Setelah anda klik Create, maka akan muncul tab baru seperti berikut.
  6. Pada Partition Label, isi dengan nama sesuai selera anda. Kemudian pada Create As, ubah ke Primery, lalu pada File System, ubah ke FAT32. Selanjutnya klik OK.
  7. Terakhir klik Apply yang ada di pojok kiri atas, akan muncul notifikasi, kemudian OK saja.
  8. Prosesakan berjalan seperti gambar di bawah ini, tunggu sampai prosesnya selesai.
  9. Sekarang micro SD anda sudah bisa digunakan kembali.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat dan ingin meng-copasnya, mohon cantumkan alamat sumbernya :

Terima kasih telah berkunjung di Kukuh Website

Tentang Kukuh7

Saya orangnya simple dan pengertian. Harapan saya, dengan adanya blog ini saya bisa berbagi apa yang telah saya pelajari selama ini. Namun saya mohon maaf apabila yang saya sampaikan salah. Karena sesungguhnya manusia tidak luput dari namanya kesalahan.

Posted on 11 Oktober 2012, in Tips & Tricks and tagged , , , . Bookmark the permalink. 48 Komentar.

  1. makasih masbro.. berguna banget:D
    maju terus deh blog nya (y)

  2. jika pakai hape selain blackberry apa gak bisa brow?

  3. kang mau tanya ane pnya memory 4gb tp di format dhp dipc ga mempan bsa ga pake cra ni?

    • coba aja gan, mungkin saja bisa. soalnya ane nemu trik ini juga pas lagi iseng, frustasi gara2 memory 32gb ane gak bisa di format. udah ane coba di PC, ponsel nokia, ama pake aplikasi di PC, jga tidak mempan. tpi setelah ane format di BB, alhasil sukses. dan memory udah bisa di pake lagi.

  4. gan mau nannya.. memri ku kan 16 gb.. terus rusak n ukurannya sekarang hanya 30mb
    kenapa ya … ???
    pencerahannya plisss

  5. thanks gan atas sharingnya, ane jg ngalamain hal yg sama SD card nggak bisa kebaca di segala Hp tetapi di PC kebaca, udh coba format pake PC tetap aja masih nggak kebaca, begitu ane format di BB langsung kebaca lagi. Saya setuju gan mungkin ini salah satu kelebihan BB yang nggak ada di temppat lain.

  6. klo contohnya diatas ketika masih unalocated cuma ada satu partisi , nah punya saya begitu dicreate jd dua partisi dan ga bisa diresize ukuranya, gmana yh apa ada yg salah atau udah kebayakan bad sector, makasih atas infonya

  7. kalo pake mini tool partizan wizard bsa Ǥǎ̜̣̍ƙ gan..?

  8. gimana nih
    ketika saya mau aply keluar bacaan register
    dia minta license key code?
    tolong bantuannya ya

  9. mau nanya nih.. kalau pake BB juga gag bisa di format gimana? file-file nya sama sekali enggak terbaca di hp maupun di laptop …

  10. aq coba dLw yach gan…….

  11. Mo sedot Partition wizard pro5.2.rar kok di pasword ya gan…

    tolong paswordnya gan…..
    makasih..

  12. microsd sy kok tiba* gak trdeteksi.saya cb diHP laen ttep g trdteksi tp blm cb BB
    sy cb diPC ttp g bisa
    mhon bntuanya :)

  13. ok sy cb dlu
    ad 1 ksus lagi .microsd cma bs d psang d hp nokia .klau d hp lainnya & di PC ga trdteksi
    itu gimana gan :o?

  14. gan ,punya saya bisa terdeteksi tapi ada tulisan “Bad Disk”
    trus gabisa diapapain .. gimana ini gan ???

  15. gan, punya saya ukuran awalnya 8GB . sekarang jadi 45 MB itu kenapa ya??
    Tolong kasih pencerahan.

  16. gan klo gx bsa di format di bb gmna caranya?

    • klu di BB gak bisa udah susah di atas berarti itu gan. coba pake HH os lain sprti android atao windows phone,,
      soalnya ane baru nyoba di sistem operasi symbian, maemo ama BB saja.

  17. kalo flasdiks bisa gak gan??

  18. kl gagal aja gimana?

  19. gman gan kalo micro sdnya gk bsa terbaca lagi d hp,cardrider dan laptop

  20. salam kenal gan, mau nanya, micro sd saya itu gak bisa dimasukin data data kaya lagu dsb gan. Kapan itu sy coba hapus beberapa mp3 tapi gak bisa, komp selalu hang, dan di delete dari hape pun ga bisa. Jadinya ada sekitaran 500 mb lagu data yang ga bisa dihapus. Mohon pencerahannya gan, oya ane make android

  21. Artikel wajib bookmark (y) Thanks gan… :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

